Saturday 2 November 2013

Malaysia #Day 6 : Masjid Jamek - Mahamariamman & Kuan Yin Temple

Tuesday, 15 Oct 2013

Ini hari terakhir saya di Malaysia. Kebetulan pada hari tersebut bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha dan saya tentunya tak ingin ketinggalan untuk Solat Ied di Malaysia. Jika di Indonesia Solat Ied rata-rata dimulai jam 06.30, disini baru mulai pukul 8.00 pagi. Tapi seperti biasanya, jam 06.30 sudah berangkat dari Hotel. Nah...untuk mesjid yang saya datangi untuk solat adalah Mesjid Jamek.

Sekilas mengenai Mesjid Jamek... Mesjid ini terletak di jalan Melayu/India, dan merupakan salah satu masjid tertua di Malysia yang dibangun pada tahun 1907. Dari Hotel Chill In tempat saya menginap tidak terlalu jauh alias bisa ditempuh dengan jalan kaki saja selama kurang lebih 10 menit.

Suasana Masjid Jamek sebelum sholat Ied

Saya di depan Masjid Jamek

Berhubung flight balik ke Indonesia saya sore hari, selepas solat Ied saya melanjutkan traveling saya di sekitaran China Town, tepatnya di Jalan Tun HS Lee. Selain China Town menawarkan wisata belanja, di sekitar wilayah ini juga terdapat obyek wisata yang tak boleh saya lewatkan, yakni Kuil Sri Mahamariamman, Kuil Kuan Ti, dan Kuil Kuan Yin.

Kuil Sri Mahamariamman merupakan salah satu kuil utama warga India Hindu, khususnya keturunan Tamil. Di kuil tersebut banyak sekali dewa-dewi Hindu yang digambarkan dalam adegan-adegan Ramayana. Di langit-langit kuil terdapat kubah mirip bentuk bawang yang dilengkapi dengan hiasan-hiasan cantik. Oiya, di kuil tersebut memiliki altar utama untuk penghormatan kepada Dewa Muruga, Dewa Ganesha, dan Dewa Lakshmi.

Sri Mahamariamman Temple

Altar pemujaan untuk Dewa - Dewi Hindu

Salah satu replika di dinding kuil (Cerita Ramayana)

Langit - langit kubah Kuil

Setelah dari Mahamariamman Temple, saya melanjutkan perjalanan ke Kuan Yin Temple yang letaknya juga tak jauh dari Mahamariamman, sekitar 5 menit.

Kuan Yin Temple

Altar utama untuk sembahyang

Yup,,,this is the last trip in KL. Saatnya balik hotel untuk check out dan melanjutkan perjalanan saya kembali ke tanah air.

Bye - bye Malaysia... Thanks for the unforgetable Journey...!!!

Hellooooo Indonesia, My Beautiful Country :)