Tuesday 29 October 2013

Malaysia #4 : MotoGP Racing in Sepang

Sunday, 13 Oct 2013


MotoGP? Sumpah...saya ga pernah ngikutin sama sekali balapan motor berskala internasional yang satu ini. Tapi kalo ditanya ridernya di MotoGP sapa aja,,,, yaaahhh lumayan tau sih, tapi gak tau banget. hahaha... Kalopun disuruh nyebutin satu-satu, paling banter bisa nyebutin 4 orang doang. Paling yang saya sebutin Dani Pedrosa (Repsol Honda/Spanyol), Marc Marquez (Repsol Honda/Spanyol), Valentino Rossi (Yamaha/Italia), sama Jorge Lorenzo (Yamaha/Spanyol). 

Awal mula kenapa saya ikutan nonton MotoGP ini, karena pada saat itu ditawarin teman kantor saya yang bernama Lena. Dia rajin banget nongkrongin motoGP tiap kali main. Nah, ceritanya ada promo nih buat nonton, saat itu harga tiket di Main Grandstand seharga RM 103 (Early Bird), sedangkan harga normalnya RM 153. Jika RM 103 tadi dikurs-kan ke IDR kira-kira Rp 370.000,- skalian pengen ngrasain gimana sih sensasinya nonton Live bareng ratusan ribu orang yang seneng banget sama MotoGP. Tiket sudah ditangan sejak 2 bulan sebelum kami berangkat ke KL, dan ujungnya sahabat saya yang bernama Lena tadi batal ke KL karena ada tugas negara yang wajib dia selesain #smoga Propernya sukses kak Lena ;)

Yup...lanjut hari ke-4 saya gabung lagi dengan teman backpacker saya yang kemaren setelah kemaren saya ngacir sendiri ke Malaka. Oke,,sekitar jam 7.30 saya dan 2 orang teman saya berangkat dari Hotel Chill In menuju Stasiun Pasar Seni (jalan kaki aja ke stasiunnya) untuk naik Rapid KL menuju KL Sentral. Sampai di KL Sentral, kami membeli tiket KLIA Ekspres/KLIA Transit untuk tujuan Stasiun Salak Tinggi. KLIA Ekspres/KLIA Transit tiketnya lebih mahal dibanding dengan Rapid KL dan KTM Commuter, cukup 20 menit perjalanan udah sampai di Salak Tinggi. Jika naik bus dapat ditempuh kurang lebih 1,5jam dari KL Sentral.

Tiket KLIA Ekspres / KLIA Transit include tiket bus menuju LCCT

KLIA Ekspres / KLIA Transit

Sesampainya di Stasiun Salak Tinggi, kami bertiga langsung mencari bus yang akan mengantar kita ke LCCT. Kondisi busnya bagus, bersih, ber-AC, dan berkelas eksekutif. Selama perjalanan dari Salak Tinggi menuju LCCT, kami melewati Sepang International Circuit, tetapi kami tak diperkenankan turun disana. Perjalanan sungguh macet luar biasa, banyak konvoy motor yang mau ikutan nonton MotoGP. Sesampainya di LCCT, kami mencari bus perantara dari LCCT ke Sepang dengan biaya RM 10, busnya berwarna merah. Kira-kira pukul 11an kami telah sampai di Sepang. Yeeyyyyy :D

Suasana begitu ramai, penuh, dan sesak. Banyak stand-stand motor, stand makanan, stand asesoris motor dan semuanya serba motor. Berhubung saya ga hobi motor, ya sudah cuma liat-liat aja terus nyari "ear plug" buat sumbat kuping pas nonton motoGP. Dari luar aja bisingnya suara motor udah keceng, apalagi di arena balap nanti. Kebetulan waktu itu masih warming-up buat para rider manasin motor2 mereka. Akhirnya ear plug pun ketemu, dan harganya wow..,sepasang RM7. Padahal di kantor banyak ear plug, tau gitu kemaren ambil..hahahaa... Daripada kuping kenapa2, dibelilah ear plug tersebut -__-

Suasana di depan Main Gate Sepang International Circuit

Foto depan Motornya Valentino Rossi

MotoGP baru dimulai sekitar pukul 3 sore setelah sebelumnya racing Moto2 dan Moto3. Syukurlah kami dapat tempat duduk yang posisinya Oke banget, pas di depannya arena start balap motor. Suara para supporter yang ikut meramaikan kejuaraan racing nomor wahid ini pun tak mau kalah dengan suara motor para rider yang di-gas saling bersahut-sahutan. Mereka ada yang teriak-teriak nama Rossi, Pedrosa. Kalau saya sih lebih dukung Marquez. Alasannya?? Hmmm...saya mikir dulu..hahaha

Riders siap untuk start racing

Pertarungan sengit dimulai dengan Marquez start di posisi pertama, kemudian Rossi di nomer 2, lalu Crutchlow di posisi 3 dan dua dibelakangnya ada si Lorenzo dan Pedrosa. Sekitar satu jam saling kebut-kebutan, saling mendahului dan saling salip menyalip, akhirnya sang juara pun muncul. 
Marquez yang jadi andalan saya pun harus rela jadi Juara 2, setelah di Podium Pertama diisi oleh Kang Dani Pedrosa, dan Juara ketiga diisi oleh Lorenzo.

Para Juara MotoGP Sepang, 13 Oktober 2013

3 comments: